Senin, 03 Agustus 2015

PMI KAB. JEMBER DISTRIBUSIKAN MASKER FEATURED



PMI KAB. JEMBER DISTRIBUSIKAN MASKER FEATURED

Sebagai salah satu anggota sukarelawan, PMI Kab Jember distribusikan masker kepada warga Gunung Raung hingga kini (23/7) masih belum lelah meraung-raung. Aktivitas vulkanik masih terpantau tinggi. Bahkan rangkaian kegempaan akibat erupsi gunung yang terletak di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur itu masih terasa hingga kemarin. Status Gunung Raung masih bertahan pada level III (siaga). Akibatnya warga dilarang berada dalam radius 3 kilometer dari kawah Gunung Raung. Meskipun demikian masyarakat belum perlu mengungsi, mereka tetap tenang melakukan aktivitas seperti biasa.
Biro Humas PMI Pusat menyatakan bahwa tingginya abu vulkanik Gunung Raung menyebar hingga ke beberapa wilayah seperti kabupaten Bondowoso, Jember, Banyuwangi, Bali hingga Samudra Hindia di sisi selatan dan Tenggara Gunung Raung. Hujan abu vulkanik tipis juga menghujani seputaran Jember kota, kecamatan Ledok Ombo, kecamatan Sumber Jambe, dan Gunung Malang.
Akmal, Staf PMI Kabupaten Jember mengatakan abu vulkanik kini bergerak menuju Wilayah Jember. Meskipun terbilang tipis dibanding yang dialami oleh Bondowoso. Namun, hal ini perlu di tanggapi dengan serius. Abu vulkanik dapat menyebabkan gangguan kesehatan yakni infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan iritasi mata.
“Mencegah tejadinya ISPA akibat abu vulkanik, maka PMI kab. Jember mendistribusikan 400 buah masker bagi warga Jember kota, kecamatan Ledok Ombo, kecamatan Sumber Jambe, dan Gunung Malang.” Lanjutnya.
Disisi lain, PMI Bondowoso juga telah menyiapkan 75 sukarelawan terampil yang akan siaga di pos pengungsian. Tenda pengungsian juga telah didirikan untuk evakuasi warga jika erupsi Gunung Raung semakin menyebar. Selain itu, 7000 buah masker juga telah didistribusikan kepada warga Bondowoso yang terdampak abu vulkanik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar