Kamis, 01 Maret 2018

SELAMAT HARI PMR :)



SEJARAH HARI PMR 

 
 Tanggal 1 Maret diperingati sebagai Hari Palang Merah Remaja (PMR). Namun, tahukah kamu bagaimana sejarah Hari PMR?? Berikut akan kami paparkan mengenai sejarah Hari PMR.

Terbentuknya Palang Merah Remaja dilatar belakangi oleh terjadinya Perang Dunia I pada tahun 1914-1918. Pada saat itu, negara Austria sedang mengalami peperangan. Karena Palang Merah Austria kekurangan tenaga untuk memberikan bantuan, maka mereka mengerahkan anak-anak sekolah untuk turut membantu sesuai dengan kemampuannya. Mereka diberi tugas-tugas ringan seperti mengumpulkan pakaian-pakaian bekas dan majalah-majalah serta koran-koran bekas. Anak-anak tersebut terhimpun dalam suatu badan yang disebut Palang Merah Pemuda (PMP). Kemudian nama ini diganti menjadi Palang Merah Remaja (PMR).

Pada tahun 1919 dalam sidang Liga Perhimpunan Palang Merah Internasional diputuskan bahwa gerakan Palang Merah Remaja menjadi satu bagian dari Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. Kemudian usaha tersebut diikuti oleh negara-negara lain. Sehingga pada tahun 1960, dari 145 Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sebagian besar sudah memiliki Palang Merah Remaja.

Di Indonesia sendiri, pada Kongres PMI ke-IV pada bulan Januari tahun 1950 di Jakarta, PMI membentuk Palang Merah Remaja yang dipimpin oleh Ny. Siti Dasimah dan Paramita Abdurrahman. Pada tanggal 1 Maret 1950 berdirilah Palang Merah Remaja secara resmi di Indonesia.

Tanggal 1 Maret diperingati oleh PMI sebagai Hari PMR. PMR dalam sejarahnya turut mengiringi perjuangan PMI dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sesuai dengan 10 perintah Harian Panglima Besar Jendral Soedirman pada tahun 1950, PMI meresmikan berdirinya PMR sebagai bagian dalam organisasi PMI yang bertugas mengembangkan dan membentuk karakter remaja di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar