Rabu, 16 Mei 2018

Marhaban Ya Sahru Ramadhan


Marhaban Ya Sahru Ramadhan

           Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dirindukan setiap umat Islam di dunia. Karena ia adalah bulan yang penuh ampunan dan berkah. Pada bulan Ramadhan pintu ampunan terbuka lebar. Kita hendaknya bebenah diri di bulan ini karena seyogyanya sebagai manusia kita adalah tempat salah dan dosa. Sahabat yang mulia, Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, menyampaikan kabar gembira kepada para sahabatnya, “Telah datang bulan Ramadhan yang penuh keberkahan, Allah mewajibkan kalian berpuasa padanya, pintu-pintu surga di buka pada bulan itu, pintu-pintu neraka di tutup, dan para setan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat malam (kemuliaan/lailatul qadr) yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang terhalangi (untuk mendapatkan) kebaikan malam itu maka sungguh dia telah dihalangi (dari keutamaan yang agung)”
            Nahh sobat kira-kira apa aja sih yang harus kita lakukan pada saat bulan Ramadhan?? Saya mau ngasih sedikit tips nih agar kegiatan-kegiatan yang kita lakukan di bulan Ramadhan bisa bermanfaat. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah:
1. Luruskan niat hanya untuk beribada kepada Allah semata
2. Sholat lima waktu secara berjamaah
3. Sholat  Tarawih dan Witir
4. Membaca Al Quran
5. Menjaga lisan dari hal-hal agar tidak berbicara sembarangan
6. Hindari hal-hal yang sia-sia, membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.
7. Lakukan silaturahim dan hidupkan ukhuwah Islamiyah
8. Mengajak kawan atau saudara kepada kebaikan
9. Perbanyak bersedekah dan berbuat baik, banyak memaafkan orang lain
10. Di 10 hari terakhir ibadah semakin ditingkatkan, hidupkan malam lebih panjang terlebih di hari-hari yang ganjil.
           Itulah beberapa tips yang bisa saya tulis, semoga bermanfaat dan kita bisa mengaplikasikannya di bulan Ramadhan ini sehingga menjadi orang-orang yang selalu dekat dengan Allah SWT. amiin
Saya mewakili anggota dan segenap pengurus KSR-PMI UIN Malang juga mengucapkan Marhaban Ya Ramadhan dan mohon maaf lahir dan batin.
by : Aya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar