Rabu, 13 Februari 2019

Makanan Sehat dan Kanker


Oleh: Lailatuzzakiyatul I

Apakah makanan yang bernutrisi atau sehat itu baik untuk tubuh kita? Ternyata, tidak semua makanan yang menurut kita sehat memliki efek yang baik bagi tubuh kita. Faktanya, beberapa jenis makanan sehat sebenarnya dapat menyebabkan kanker. Ini dikarenakan kandungan dari makanan itu sendiri atau faktor lain seperti, proses memasaknya, atau cara kita mengkonsumsi makanan. Ada beberapa makanan yang tidak bisa dikonsumsi secara bersamaan, karena itu dapat menimbulkan kontaminasi satu sama lain. Jadi, ada beberapa jenis makanan sehat yang dapat menyebabkan kanker.
1.      Daging merah
Daging merah merupakan makanan yang kaya akan zat besi dan protein. Akan tetapi, mengkonsumsi daging merah secara berlebihan bisa meningkatkan resiko terkena kanker. Selain itu, proses memasak yang kurang baik juga dapat menimbulkan karsinogenik. Karsinogen adalah zat-zat yang dapat menyebabkan kanker dengan mempengaruhi sel-sel normal menjadi sel kanker. Hindari memasak daging merah dengan memanggang, membakar atau menggorengnya terlalu lama.
2.      Roti
Kebanyakan orang mengkonsumsi roti untuk mengganjal perut ketika tidak ada nasi atau makanan berkarbohidrat lainnya. Memang roti memiliki kandungan karbohidrat seperti nasi. Tidak hanya itu, roti juga mengandung mineral, zat besi, kalsium dan folat. Akan tetapi, telah ditemukan roti dengan campuran kalium bromate, senyawa kimia tambahan yang telah di identifikasi oleh sejumlah organisasi kesehatan sebagai karsinogen atau sesuatu yang dapat memicu kanker.
3.      Ikan Salmon
Seperti yang telah kita ketahui bahwa ikan laut memiliki kandungan gizi yang baik bagi otak manusia terutama anak kecil. Ikan salmon mengandung omega-3, asam amino, vitamin A, dan protein. Akan tetapi, ikan salmon yang dibudidayakan atau diternak telah terbukti memiliki kandungan omega-3 yang rendah dibandingkan dengan ikan salmon ynag hidup diperairan laut lepas. Tidak hanya itu, ikan-ikan itu juga berpotensi memiliki kandungan merkuri dan dioxin yang dapat mengaktifkan sel kanker.
Makanan yang baik bisa menjadi makanan yang tidak sehat jika anda mengkonsumsinya dengan kurang tepat. Hal yang paling penting yang harus diperhatikan  adalah kandungan nutrisi atau gizi makanan, proses memasak makanan, dan setiap makanan memiliki cara yang berbeda untuk dikonsumsi.jadi, sebelum anda mengkonsumsi makanan, anda harus mencari tahu terlebih dahulu kandungan yang ada didalam makanan dan cara ,mengkonsumsinya dengan tepat.

6 komentar: