Jumat, 21 Juni 2019

Menu Pelangi


Oleh: Fitriyah

Kebanyakan masyarakat pada umumnya menganggap sayuran adalah makanan terbaik bagi kesehatan. Namun sebenarnya konsep “menu pelangi” kombinasi antara buah-buahan dan sayuran lebih dianjurkan, karena semakin berwarna makanan yang ada, semakin lengkap gizi yang diperoleh.
Apa itu Menu Pelangi?
Menu pelangi adalah sebuah konsep menyusun pola makan dengan beberapa warna yang menyerupai pelangi atau bisa disebut sebagai rainbow food. Bahan makanan yang berwarna-warni ini dikarenakan makanan tersebut memiliki zat warna atau pigmen fitokimia yang berbeda-beda. Gabriel Causens dalam bukunya “Spiritual Nutrition And The Rainbow Diet” mengatakan bahwa warna-warna makanan baik untuk kesehatan tubuh, jiwa dan pikiran.
Ragam Warna dan Manfaatnya
Setiap warna yang terkandung di dalam makanan memiliki kandungan gizi yang berbeda seperti berikut:
1.     Putih
Beberapa jenis makanan yang berwarna putih antara lain adalah duku, jamur, jahe, klengkeng, bawang putih, kembang kol, kol, leci, lobak, pisang, sawi putih, sirsak, tauge dan ubi. Bahan makanan dengan warna putih biasanya mengandung serat yang tinggi dan vitamin C dan E yang merupakan anti oksidan untuk menjaga kesehatan jantung.
2.      Kuning/Orange
Beberapa jenis makanan yang berwarna kuning antara lain adalah aprikot, blewah, jagung, jeruk, kentang, kesemak, labu kuning, lemon, mangga, melon kuning, nanas, paprika kuning, peach, pepaya, persik dan wortel. Bahan makanan berwarna kuning biasanya mengandung beta karoten dan alpha karoten yang akan diubah bentuk aktif vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.
3.      Merah
Beberapa jenis makanan yang berwarna merah antara lain adalah apel merah, beras merah, bit, ceri, cranberry, delima, jambu merah, kacang merah, cabai rawit, paprika merah, rasberry, semangka stroberi dan tomat. Bahan makanan yang berwarna merah biasanya mengandung likopen untuk menjaga kesehatan sel tubuh dari kanker dan antosianin untuk mencegah infeksi. Kita juga sering membaca bahwa bahan makanan berwarna merah adalah sumber vitamin A dan E.
4.      Ungu/Biru
Beberapa jenis makanan yang berwarna ungu/biru antara lain adalah anggur, blackberry, kismis, kol ungu, terong dan ubi ungu. Bahan makanan berwarna ungu biasanya banyak mengandung anthocyanin dan proanthocyanin yang mampu mengoptimalkan fungsi otak dan akti oksidan untuk menjaga kesehatan jantung.
5.      Hijau
Beberapa jenis makanan yang berwarna hijau antara lain adalah anggur hijau, apel hijau, asparagus, avokad, bayam, brokoli, buncis, kacang hijau, kacang polong, kangkung, kiwi, melon, paprika hijau, melon, pare, pokchoy, sawi hijau, selada dan zucchi. Bahan makanan berwarna hijau ini biasanya mengandung lutein dan zeaxantin untuk membantu mencegah kerusakan mata di usia tua.
Menarik bukan? Selain bahan makanan sehat, tampilan menu makanan di meja makan juga menjadi makin cantik dengan aneka warna. Allah swt. menciptakan warna pada bahan makanan tersebut memiliki maksud tertentu, salah satunya agar kita sebagai manusia bisa membedakan atau mengklasifikasikan bahan makanan berdasarkan warna-warna yang dimilikinya. Lalu bisa berkreasi memadu pandankan bahan makanan yang berwarna-warni tersebut dalam berbagai menu masakan untuk kesehatan kita. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar