Minggu, 22 April 2018

Hari Bumi


HARI BUMI 

 
Tanggal 22 April merupakan tanggal yang diperingati sebagai peringatan Hari Bumi Internasional. Peringatan yang menjadi pengingat bagi manusia agar lebih peduli terhadap bumi. Peringatan Hari Bumi diawali pada tahun 1970-an.  
Dilansir dari situs National Geographic (22/4/2018), tahun 1970 adalah tahun kematian Jimi Hendrix, tahunnya album terakhir The Beatles. Tatkala para siswa AS semakin mengambil sikap menentang perang yang berkecamuk di Vietnam, dan protes banyak disuarakan. Namun wacana menyelamatkan planet bukan satu di antaranya. Pada tahun dengan banyak peristiwa besar itu, sebuah gagasan untuk menyelamatkan Bumi dari krisis ekologi pun muncul dari seorang seorang Senator Amerika Serikat asal Wisconsin, Gaylord Anton Nelson.
Ide yang kemudian menjadi semakin besar selama hampir 50 tahun ini bermula ketika Nelson menyaksikan tumpahan minyak di pesisir Santa Barbara, California pada 1969. Walaupun peristiwa tumpahan minyak menjadi titik kuat bagi Nelson untuk membuat sebuah gerakan besar, namun bukan peristiwa inilah yang membuat Nelson menjadi peduli akan lingkungan. Sudah sejak tahun 1960-an Nelson menaruh kepedulian dan berkampanye pada isu lingkungan hidup, yang dirasanya lama hilang dari agenda negara. Nelson mereformasi beberapa hal di Wisconsin, seperti regulasi kebersihan jalur waterways, perlindungan terhadap sumber daya alam, dan menciptakan lapangan pekerjaan ramah lingkungan. Atas berbagai usahanya ini, Nelson dijuluki sebagai Gubernur Konservasi.
Pada awal-awal Hari Bumi ini mulai digagas, Nelson masih memusatkan perhatian pada masalah-masalah lingkungan hidup yang mengusik kelestarian planet serta berimbas pada kesehatan manusia. Singkatnya, Hari Bumi 1970 ini memunculkan semacam kesadaran. Dan Hari Bumi pun menjadi penyaluran energi dari gerakan antiperang dengan menempatkan kekhawatiran mengenai lingkungan di garis depan.
Sebagai generasi muda, hendaknya kita turut berperan dalam menjaga kelestarian lingkungan. Hal ini bisa dimulai dari hal-hal kecil yang bisa kita lakukan, misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan memulai dari diri kita sendiri, kita bisa memberi contoh kepada orang lain agar lebih peduli dengan lingkungan.
“Kita Bukan Mewarisi Bumi dari Nenek Moyang Kita, Melainkan Kita Meminjam Bumi dari Anak Cucu Kita”.  Selamat Hari Bumi!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar