Senin, 30 September 2019

Palang Merah Remaja (PMR)



Setiap sekolah perlu melaksanakan kegiatan-kegiatan non akademik melalui perkumpulan penggemar olahraga sejenis, kesenian dan lainnya mengetahui bahwa setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda. Untuk itu sekolah perlu wadah untuk meningkatkan kreativitas dan pola pikir mereka dalam menghadapi perkembangan sosial yang terjadi di masyarakat sekarang. Kegiatan ekstrakulikuler dalah kegiatan tambahan di luar struktur program yang dilaksanakan di luar jam pelajaran sekolah untuk memperkaya dan memperluas wawasan, pengetahuan kemampuan siswa.
Salah satu ekstrakulikuler yang ada di sekolah adalah Palang Merah Remaja (PMR) yang bertujuan untuk mendidik dan melatih generasi muda dalam kegiatan positif, menumbuhkan sikap saling membantu, menumbuhkan minat remaja di bidang kemanusiaan dan sosial, membina rasa solidaritas antar sesama, dan membantu mengembangkan potensi yang dimiliki para anggota dalam melaksanakan segala kegiatan manusia.PMR pada tingkata Sekolah Dasar (SD) disebut PMR tingkat Mula, PMR pada tingkat SMP/MTs sederajat disebut PMR tingkat Madya sedangkan pada tingkat SMA/MA sederajat disebut PMR tingkat Wira.
Jiwa dan semangat kemanusiaan perlu ditanamkan sedini mungkin kepada anak-anak terutama terhadap siswa. Pengembangan dan pembinaannya juga harus dilakukan secara terus menerus agar mereka siap siaga setiap waktu untuk membaktikan diri bagi tugas-tugas kemanusiaan sebagai wujud rasa tanggung jawab. Para siswa diajarkan untuk bersikap peduli, tanggung jawab, bersahabat, melatih kerja sama, mempunyai jiwa kepemimpinan yang mencakup kedalam keterampilan sosial.
PMR sendiri mempunyai beberapa fungsi bagi siswa, diantaranya adalah:
                                  ·           Penguatan kualitas remaja dan pendidikan karakter
                                  ·           Mampu memberikan pertolongan pertama pada orang lain atau sesama siswa
                                  ·           Mampu bernegosiasi dengan baik
                                  ·           Mampu meringankan tugas guru untuk menangani siswa yang sakit di sekolah
                                  ·           Meningkatkan keterampilan dan kedisiplinan serta ketulusan dan kejujuran
                                  ·           Memberikan motivasi antar sesama siswa
                                  ·           Pendidik remaja sebaya
                                  ·           Calon relawan masa depan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar