Kamis, 18 Agustus 2011

1.      Latar Belakang
Universitas merupakan pusat pendidikan, pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesenian yang pelaksanaan kegiatannya berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni: Mendalami ilmu pengetahuan, Melakukan Penelitian dan Melakukan pengabdian kepada masyarakat. Dalam perkembangannya universitas sebagai perguruan tinggi dari tahun-ketahun telah mengalami penyempurnaan di segala segi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, demi mencetak sarjana-sarjana yang siap menghadapi tuntutan zaman.
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang juga berupaya melakukan penyempurnaan seperti halnya yang dilakukan oleh Universitas-Universitas lain yang ada di Indonesia, yakni mulai dari perombakan birokrasi, pengembangan kurikulum dan pengembangan SDM yang salah satunya melalui unit kegiatan mahasiswa (UKM).
UKM merupakan suatu organisasi mahasiswa intra kampus (OMIK) yang mewadahi bagi para mahasiswa untuk mengembangkan bakat dan kreatifitasnya sesuai dengan keahlian masing-masing. Dalam rangka membina rasa persaudaraan dan kesetiakawanan sosial di perguruan tinggi maka dibentuk suatu organisasi Korps Sukarela-Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) yang dimasukkan dalam suatu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Wadah ini dimaksudkan untuk menyiapkan tenaga kepalangmerahan yang berada dalam keadaan siaga. Dengan rasa tenang dan tulus ikhlas setiap saat menyediakan diri untuk memberi bantuan dan pertolongan sesuai dengan kemampuannya bagi sesama umat yang membutuhkan.
UKM KSR-PMI Unit UIN Maliki Malang merupakan salah satu dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  yang ada di UIN Maliki Malang yang bergerak secara khusus dalam bidang kesehatan, kepalangmerahan, dan kemanusiaan. Kehadirannya secara nyata  menjadi pendukung dalam pengembangan keilmuan akademik serta pemasyarakatan nilai-nilai persaudaraan dan kesetiakawanan sosial kemanusiaan di lingkungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang pada khususnya dan seluruh masyarakat pada umumnya.

2.      Sejarah Berdirinya
Proses berdirinya KSR-PMI Unit FT IAIN Sunan Ampel Malang (sekarang KSR PMI Unit UIN Maliki Malang) dimulai sejak November 1990 ketika Zaenal Abidin dan Mustofa yang pada saat itu ada di jajaran SEMA (Senat Mahasiswa) bidang minat dan bakat diminta mengisi materi P3K pada anggota baru pramuka FT  IAIN Sunan Ampel Malang. Seiring bergulirnya waktu, pada September 1991 dua orang aktivis ini mengajukan pendirian KSR-PMI Unit PERTI yang terstruktur dengan SEMA untuk pertama kalinya pada lingkungan IAIN Sunan Ampel Malang di wilayah C atau Indonesia bagian timur.
Pengajuan pendirian KSR-PMI Unit PERTI (Perguruan Tinggi) ini juga dikonfirmasikan kepada PMI Cabang Kota Malang sebagai induk organisasi dan Pembina teknis kepalangmerahan di wilayah kota malang.
Pada pelaksanaan DIKLATSAR I (Pendidikan dan Latihan Dasar) yang bekerja sama dengan SEMA FT IAIN Sunan Ampel Malang berhasil mengukuhkan Ahmad Shodiq sebagai Ketua Umum yang pertama.
Pengukuhan pengurus yang pertama tersebut berlangsung pada 11 Januari 1992 sehingga pada tanggal tersebut dijadikan sebagai hari lahir KSR dan diperingati pada setiap tahunnya. Hadirnya KSR-PMI Unit FT IAIN Sunan Ampel Malang merupakan satu-satunya Organisasi kemanusiaan yang pertam kali di lingkup IAIN Sunan Ampel Malang.

3.      Lambang dan Motto Organisasi
Lambang organisasi KSR-PMI Unit UIN Maliki Malang adalah
sebagaimana gambar di samping. Makna Lambang tersebut adalah:
Burung Rajawali bermakna Kekokohan (Burung Rajawali melambangkan kekokohan Organisasi), Lafadz Allah Yang Disamarkan bermakna Misi Islam (Lafadz Allah yang disamarkan melambangkan dasar organisasi "Al-Qu'an dan Al-Hadist"), Palang Merah bermakna membawa misi Palang Merah (Palang Merah melambangkan tugas kepalangmerahan yang diemban KSR-PMI Unit UIN  malang berdasarkan Sapta Prinsip Palang merah), Warna Biru bermakna ikatan silaturrahmi dan hubungan yang baik (Warna Biru melambangkan persaudaraan yang baik dan kuat).
Motto KSR-PMI Unit UIN Maliki Malang sendiri adalah “Khairun Annaas Anfaahum Lin Annass” maknanya adalah sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfa’at kepada sesamanya.

4.      Visi dan Misi
Visi UKM KSR-PMI Unit UIN Maliki Malang:
“Menjadi organisasi yang berwawasan kebangsaan dan professional dalam bidang kepalangmerahan.”
Misi UKM KSR-PMI Unit UIN Maliki Malang:
“Membentuk kader yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, berbudi luhur berketrampilan dan mempunyai solidaritas serta dedikasi tinggi pada sesama.”

5.      Dasar, Asas dan Fungsi
Dasar: Al-Qur’an, Al-Hadits, Pancasila, UUD 1945, Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Sapta Prinsip Palang Merah yang berwawasan almamater.
Asas: Kemanusiaan, kekeluargaan, dan kemanfaatan.
Fungsi: sebagai wahana untuk merencanakan, melaksanakan dan mengembangkan kegiatan kemahasiswaan di UIN Maliki Malang yang bersifat penalaran dan keilmuan, ketrampilan, minat dan bakat, kesejahteraan serta pengabdian pada masyarakat.

6.      Kepengurusan
KSR-PMI Unit UIN Maliki Malang sejak berdiri hingga sekarang telah dipimpin oleh 18 orang Ketua. Dalam menjalankan roda organisasi KSR dipimpin oleh 4 pengurus inti yang terdiri dari Ketua, Wakil ketua, Sekretaris, dan Bendahara. Serta didukung oleh 6 Bidang, yaitu Bidang Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Pendidikan dan Ketenagaaan (Dikten), Sosial Keagamaan (Sosiag), Rumah Tangga (Rutang), Hubungan Masyarakat (Humas), dan kesehatan.
KSR-PMI Unit UIN Maliki Malang merupakan salah satu anggota dari PMI Cabang Kota Malang yang berada dalam lingkup Perguruan Tinggi. Hubungan dengan PMI Cabang Kota Malang sampai saat ini masih terus dilaksanakan dan telah berjalan sesuai dengan struktur dan tata organisasi yang ditetapkan dalam penyelenggaraan KSR-PMI Unit Perguruan Tinggi dan hasil ketetapan (AD/ART dan PO) MUSTATA KSR-PMI Unit UIN Maliki Malang. Serta kerjasama yang selalu melibatkan KSR-PMI Unit Perguruan Tinggi dalam operasional kegiatannya baik di kota Malang maupun luar kota Malang.
Peran KSR-PMI Unit PERTI berkembang baik karena langsung berinteraksi dalam masyarakat, guna melaksanakan TRI Dharma Perguruan Tinggi dalam wadah PMI Cabang, Nasional dan Internasional (ICRC).
Posted by

Tidak ada komentar:

Posting Komentar