Rabu, 14 September 2011


       Mungkin kita pernah bertanya apakah selama ini kita  telah menjadi sahabat yang baik bagi teman kita atau belum. Setidaknya ada empat kriteria yang menjadi indikator seseorang dapat disebut sebagai sahabat yang baik, disamping masih banyak kriteria yang lain. Diantaranya ialah :   
1.    Sahabat yang baik selalu menunjukkan keramahan.
“Janganlah kamu menganggap sepele(remeh)pada kebaikan ,walaupun sekedar menampakkan wajah yang ramah saat bertemu saudaramu (sesungguhnya itu kebaikan).” (H.R.Muslim)   
“Wajah yang ramah saat bertemu saudaramu, itu shodaqoh.” (H.R. Tarmidzi).
2.  Sahabat yang baik selalu memberikan nasihat yang bijak
Jarir ibnu Abdillah r.a menerangkan :
“Saya bersumpah setia kepada Rosululloh SAW untuk memdirikan sholat, mengeluarkan zakat, dan memberi nasehat kepada semua muslim .” (H.R.Muttafaq ‘Alaih)
Seorang sahabat yang baik selalu mendukung ketika kita benar  dengan penuh keikhlasan dan kejujuran. Namun ketika kita keliru, dia
menasehati dengan penuh cinta dan keikhlasan .

3. Sahabat yang baik selalu mendo’akan
Do’a yang paling tulus dan cepat dikabulkan adalah mendo’akan orang lain tanpa sepengetahuannya.   
“Do’a yang paling cepat dikabulkan adalah do’a yang dipanjatkan  tanpa sepengetahuan orang yang dido’akan.” (H.R.Bukhori)
Berdasarkan keterangan di atas hendaklah kita selalu mendo’akan orang lain tanpa sepengetahuannya, termasuk sahabat-sahabat kita.
4.  Sahabat yang baik selalu meringankan beban hidup. 
“ Siapa yang menolong kesusahan seorang muslim dari kesusahan-kesusahan dunia,pasti Alloh akan menolongnya dari kesusahan-kesusahan akhirat. Siapa yang meringankan beban orang yang susah, niscaya Allah akan meringankan  bebannya di dunia dan akhirat. Siapa yang menutup aib seorang muslim, niscaya Alloh akan tutup aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya selama si hamba itu suka menolong orang lain.” (H.R.Bukhori)
Posted by
Labels: Materi Buletin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar