Minggu, 12 April 2015

Arti Penting dan Manfaat Air bagi Kehidupan



Arti Penting dan Manfaat Air bagi Kehidupan
Karya: Rachma Nurhayati (Pegar)
          
  Sudah diketahui secaraumum bahwa tubuh kita berisi 55-65% air. Alasan mengapa air banyak mendominasi tubuh kita adalah karena air memiliki peran penting di dalam sel-sel tubuh. Ini berlaku bagi semua jenis sel, dari sel kulit hingga sel otot. Airlah yang memungkinkan semua nutrisi dan protein didistribusikan secara bebas ke seluruh tubuh. Dengan fakta diatas, air adalah cairan terpenting dan kehadirannya sangat diperlukan. Namun demikian, saat haus kita cenderung memilih minuman yang belum jelas manfaatnya, baik untuk tubuh maupun rasa haus itu sendiri.
1.     Apa fungsi air bagi tubuh?
Air memiliki banyak fungsi bagi tubuh kita, diantaranya:
-       Dasar dari berbagai jenis cairan tubuh, seperti: air mata, keringat, darah, liur, enzim, dll.
-       Membantu mengatur suhu tubuh melalui perspirasi (keringat)
-       Membersihkan kotoran dan racun
-       Melarutkan makanan dan meningkatkan penyerapan nutrisi
-       Mengatur metabolisme yang sehat
-       Melembabkan kulit dan rambut
2.    Berapa banyak air yang harus dikonsumsi perhari?
Pertanyaan ini sifatnya relatif, tergantung dari pola makan, kondisi, dan aktivitas masing-masing individu. Tapi ada satu indikator yang jelas: “HAUS”. Ya, haus merupakan indikator bahwa tubuh sedang membutuhkan air. Walaupun ada anjuran untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari, tapi sekali lagi kondisi seseorang, aktivitas dan pola makan tidak sama. Semakin tinggi aktivitas seseorang, semakin tinggi air yang dibutuhkan. Demikian pula sebaliknya. Selain itu, kadar lemak, temperatur, usia dan kondisi kesehatan juga mempengaruhi kebutuhan air yang harus dikonsumsi seseorang.
3.    Apa yang ada didalam air?
Beberapa peneliti menyebutkan air sebagai makanan karena kandungannya yang begitu banyak dan bermacam-macam. Air sumur atau air tanah mengandung banyak jenis mineral dan elemen-elemen lainnya, sama halnya dengan air danau dan air dari mata air atau sungai. Analisa air laut menyebutkan setidaknya ada 44 elemen berbeda yang terkandung didalamnya. Jadi, air bukan sekedar H2O semata, melainkan berisi berbagai macam zat dan nutrisi yang amat sangat penting bagi tubuh
4.    Apa sumber air yang baik
Air terbaik tentunya memiliki banyak persyaratan, diantaranya yang paling sederhana adalah tidak atau belum terkontaminasi oleh zat kimia buatan apalahgi berbahaya. Dengan demikian, air yang tidak mengalami berbagai proses pengolahan adalah yang terbaik. Air sumur dan air dari mata air adalah sumber yang bisa dipercaya. Saat ini sedang trend berbagai jenis air olahan, baik yang didistribusikan secara langsung dari penampungan (PAM) maupun yang diolah menjadi air minum dalam kemasan. Namun demikian, terlepas dari janji-janji kebaikan dan manfaat dari produk-produk tersebut, waspadai apakah air olahan tersebut mengandung klorin, florin, atau campuran berbagai zat kimia lainnya.
5.    Bahayakah terlalu banyak minum air putih?
Walaupun air banyak membawa manfaat, namun bila kebanyakan justru dapat membahayakan tubuh kita. Dalam hal ini 8 gelas air putih sehari merupakan jumlah yang cukup meskipun sebenarnya kebutuhan setiap orang berbeda tergantung aktivitas dan kondisi tubuhnya. Menurut Times of India, ada 5 bahaya minum air putih kebanyakan.
-       Merusak komposisi darah
Jika tubuh menerima asupan cairan yang berlebihan akan mengganggu kadar kekentalan darah dalam tubuh kita.
-       Gangguan peredaran darah
Jika kekentalan darah terganggu, maka akan berdampak pula pada terganggunya sistem peredaran darah pada tubuh kita
-       Pembengkakan sel tubuh
Ternyata kekentalan darah didalam tubuh akan menurunkan sodium sehingga menyebabkan pembengakakan sel dalam tubuh anda.
-       Mengakibatkan pingsan
Resiko terburuk dari pembengakakan sel tersebut yaittu mengalami pingsan, kejang-kejang dan bahkan koma
-       Kematian
Akibat paling buruk dari pembengkakan sel, terutama di otak yaitu dapat menyebabkan kematian bagi manusia.
Takaran air yang berlebihan juga dapat meningkatkan volume darah dan memaksa organ ginjal bekerja lebih keras untuk mengurangi jumlah air dalam sirkulasi tubuh.
            Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar