Minggu, 13 Maret 2016

Manfaat Ubi Jalar (IpomoeaBatatas)







Singkong, yang biasa di konsumsi oleh masyarakat Indonesia terutama di pulau Jawa adalah sejenis tanaman budidaya, yang di manfaatkan adalah akarnya yang membentuk ubi dengan kadar gizi karbohidrat yang tinggi. Selain buahnya yang di manfaatkan, daunnya pun dapat dimanfaatkan sebagai sayur. Tanaman ini berasal dari Amerika Serikat Tropis. Ubi jalar dibudidayakan melalui stolon atau batang rambutnya. Cara menanamnya cukup mudah, dengan mencangkul lahan yang akan ditanami sehingga stolon atau batang rambat ubi jalar mudah dimasukkan dalam tanah. Serta pemeliharaannya pun sangat mudah. Ubi jalar akan tumbuh baik bila lahan terkena matahari secara langsung. Serta pemberian pupuk urea yang akan menambah hasil panen yang lebih bagus.


Singkong memiliki manfaat yang besar jika di olah dengan cara yang baik dan benar. Singkong merupakan bahan makanan yang termasuk dalam kelas umbi-umbian. Selain dapat diolah menjadi aneka makanan yang enak seperti kolak, gethuk, kripik, dan puding. Singkong juga dapat diolah menjadi tepung singkong dan tepungnya dapat digunakan untuk membat aneka macam kue. Karena singkong mengandung zat pati 2 kali lipat lebih banyak dari kentang, membuat singkong di konsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi.
Walaupun demikian, beberapa orang masih beranggapan bahwa singkong merupakan makanan kampung yang tidak memiliki gizi. Padahal jika diteliti lebih detail lagi, singkong termasuk dalam kelompok makanan bernutrisi tinggi. Sebaiknya jangan menyepelekan singkong sebelum mengetahui kandungan nutrisi beserta manfaat yang dimilikinya. Carakhasiatmanfaat.commengungkapkan bahwa didalam singkong terdapat kandungan nutrisi berupa karbohidrat, protein, serat, asam folat, vitamin A, vitamin B9, vitamin C, vitamin E, vitamin K, niacin, pyridoxine, thiamin, riboflavin, mangan, kalsium, zat bes, kalium, magnesium, fosfor, sodiu, dan zinc.


Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalam singkong. Berikutnya juga akan diberikan informasi mengenai manfaat singkong bagi kesehatan tubuh. Inilah sejumlah manfaat singkong bagi kesehatan tubuh :
4 Manfaat singkong
1.     Sumber energi
Seperti yang telah disebutka diatas, singkong mempunyai zat pati dua kali lipat dari kentang sehingga menjadikannya sebagai makanan penambah energi berkat adanya sumber karbohidrat kompleks.
2.    Memperlancar sistem pencernaan
Di dalam singkong juga terdapat kandungan serat yang berperan untuk memperlancar, sehingga organ-organ pencernaan menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar, wasir, perut kembung, sembelit dan lain-lain. Serta baik untuk diet rendah lemak, walaupun singkong mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, namun singkong merupakan makanan rendah lemak dan rendah kolestrol, sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yangsedang menjalankan diet rendah lemak. Namun, untuk menjalankan diet rendah lemak hanya disarankan untuk mengkonsumsi singkong yang sudah direbus.
3.    Mencegah dan mengatasi Anemia
Kandungan komponen mineral, termasuk zat besi yang ada didalam singkong berperan untuk membantu proses pembentukan sel-sel darah merah sehingga tubuh terhindar dari masalah anemia atau kurang darah. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena para penderita diabetes dianjurkan untuk mengkonsumsi singkong dari pada nasi. Hal ini disebabkan singkong tidak memiliki kandungan kadar gula sehingga aman dikonsumsi para penderita diabetes.
4.    Meningkatkan nafsu makan
Singkong mempunyai kandungan nutrisi dan karbohidrat kompleks yang berperan untuk meningkatkan nafsu makan.

          Terlepas dari itu semua, singkong juga mempunyai efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan. Berdasarkan informasi yang di ambil dari manfaat.com didalam singkong terdapat akar alami yang beracun cyanogenic, metil linamarin dan mengandung senyawa glikosida linamarin. Kandungan racun tersebut dapat membuat orang yang mengkonsumsi secara berlebihan mengalami keracunan sianida yang ditandai dengan gejala pusing, mual, muntah, sakit perut, sakit kepala hingga kematian. Kandungan racun tersebut lebih banyak ditemukan pada bagian kulit luarnya. Untuk menghilangkan racun tersebut, pastikan telah mengupas kulitnya dan rebuslah di dalam air yang berisi garam dan cuka.
          Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah pastikan membeli singkong dengan kondisi segar. Singkong dengan kualitas baik mempunyai warnaputih bersih ketika di kupas. Sebaiknya buanglah singkong yang sudah berwarna kekuningan dan kebiruan karena sudah lama di kupas dan menandakan bahwa singkong sudah disimpan dalam waktu yang cukup lama sehingga tidak baik untuk dikonsumsi. 

Created by: Choirun Nisa' (ASI)

2 komentar:

  1. wouuuuu sangat menginspirasi tukang singkong untuk lebih semangat berjualanya

    BalasHapus
  2. waahhhh...terima kasih kakaak. artikelnya sangat menginspirasi

    BalasHapus