Kamis, 17 Maret 2016

PRINSIP DASAR GERAKAN PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH INTERNASIONAL



          Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional merupakan sebuah prinsip yang dibutuhkan dalam keanggotaan Palang Merah, karena prinsip dasar tersebut bisa mengajarkan bagaimana cara memperlakukan korban dengan adil dan ikhlas. Didalam gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional terdapat 7 Prinsip Dasar yaitu,  Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan. Atau lebih dikenal dengan sebutan "SAPTA PRINSIP PMI".
            Salah satu prinsip dasar yang bersifat UNIVERSAL adalah prinsip Kemanusiaan. Kemanusiaan merupakan suatu sikap saling tolong menolong yang didasarkan pada rasa Kemanusiaan (tidak membeda-bedakan sesama orang). Rasa kemanusiaan sangat penting untuk dimiliki oleh setiap anggota Palang Merah. Mengapa rasa kemanusiaan tersebut sangat penting untuk dimiliki...??? itu karena para anggota Palang Merah harus membantu para korban tanpa membeda-bedakannya. Misalnya ada peristiwa kecelakaan yang mengakibatkan beberapa orang terluka, tapi ada salah satu dari korban tersebut yang merupakan artis idola mereka. Apakah anggota Palang Merah hanya akan menolong korban yang merupakan artis idolanya saja...??? tentu tidak, Anggota Palang Merah pasti akan menolong semua korban tanpa membeda-bedakan status sosial, agama, suku, adat, ataupun ras.
            Kemanusiaan juga dapat diartikan sebagai rasa empati kepada sesama manusia. Anggota Palang Merah akan senantiasa membantu siapapun orang yang membutuhkan bantuannya karena, manusia adalah makhluk sosial yaitu makluk yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya dan tidak bisa hidup sendiri. Dalam menolong korban anggota Palang Merah tidak boleh meminta imbalan, karena sudah merupakan tugas utama seorang anggota Palang Merah untuk menolong tanpa meminta imbalan sedikitpun. 


CREATED BY: PMR SMPN 3 SINGOSARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar