Rabu, 30 November 2016

DIKLATSAR XXV


Pendidikan dan latihan dasar (DIKLATSAR) merupakan salah satu memen yang besar di KSR-PMI Unit UIN Malang, karena DIKLATSAR adalah awal bibit muda baru masuk ke KSR kita. Dimulai dari pendaftara yang dilakukan pada tanggal 08 September samapai 28 Oktober 2016 para peserta mulai satu persatu mendaftarkan dirinya untuk ikut KSR-PMI Unit UIN Malang. DIKLATSAR yang ke 25 ini dilakukan melalui 2 tahap, yaitu diklat forum dan diklat lapangan. Sebelum diadakannya diklat forum, tentu saja para peserta harus mengikuti technical meeting terlebih dahulu, disini para peserta dibagi kelompok, pembacaan tata tertib, pembagian tugas, dan lain sebagainya. Disini juga peserta berkesempatan bertemu dengan pendampingnya, agar antara pendamping dan peserta dapat mengenal lebih dekat dan apabila ada informasi lebih lanjut dapat menghubungi pendampingnya masing-masing.
Dilanjutkan ke Diklat Forum, Diklat Forum ini  dilakukan pada hari Kamis-Minggu yaitu pada tanggal 3-6 November 2016. Disini para peserta mengikut semua rangkaian DIKLATSAR yang sudah ditetapkan oleh panitia, mulai dari cek in, pre-test, materi, middle-test, praktik, sampai rangkaian terakhir yaitu yaitu post-test. Dengan pakaian hitam putih dan atribut dengan semangat mereka mengikuti semua rangkain dari DIKLATSAR ini. 

Seminggu kemudian dilanjut ke Diklat Lapangan. Kali ini para peserta diajak untuk praktek SAR, Management desasster, dan kompas bidik atau biasa disingkat dengan KOMDIK. Diklat Lapangan ini dilaksanakan di BUPER Ledok ombo Poncokusumo Malang. Selama 3 hari para peserta dengan semangat mengikuti kegiatan dari pagi hingga pagi lagi. Dalam Diklat ini semua anggota ikut bergabung disini. Baik Anggota Biasa, Anggota Kehormatan, Dan Anggota Luar Biasa. Mulai dari angkatan pertama hingga angkatan 24 juga ikut dalam kegiatan ini. Karena dalam kegiatan ini, mereka dapat temu kangen dengan teman seangkatannya maupun dengan kakak angkatannya, karena dengan berkumpulnya dikegiatan ini, diharapkan semua anggota baik AK maupun Anggota Biasa dapat membaur dan saling mengenal, sehingga silaturahmi kita tetap terjaga. 

Acara yang terakhir adalah pembaiatan, yap ini adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta DIKLATSAR XXV. Karena dengan dibaiatnya mereka menandakan bahwa mereka secara resmi telah menjadi anggota KSR atau yang biasa kami sebut Anggota Muda (AM). Dengan jumlah 27 peserta ini, semoga kalian menjadi semakin kompak, semakin kuat komitmennya untuk di KSR selalu, dan tentunya sampai akhirpun harus berjumlah 27 orang. 



By: Luluk Alvia

Salam ABRI

3 komentar:

  1. Bagus sekali artikelnyaa. Penjelasannya sudah terperinci dengan jelas dan waktu-waktunya sudah terperinci kegiatannya juga sangat menarik. tetapi alangkah lebih baik jika artikelnya di buat semenarik mungkin dengan kata kata yang bagus dan mengajak, tidak monoton. terus headline nya juga di buat lebih menarik lagi agar pembaca lebih ada banyak minatan untuk membaca artikel.
    Sukses terus KSR-PMI Unit UIN Malang. Terbuaaiikkk 😁😁😁😀😀

    BalasHapus
  2. Ahsanti KSR ku :)
    Saya sangat mengapresiasi artikel ini. Selain telah memberiakan informasi mengenai kegiatan DIKLAT SAR disini saya juga bisa mengakses informasi" lain yang telah diposting oleh KSR.
    Tetap semangat KSR ku ma'an najah :) :*

    BalasHapus
  3. Pemaparan artikelnya sangat jelas dan mendetail shg mudah dipahami tanpa ada keambiguan kata. Di sisi lain saya mendapat banyak informasi sambil belajar pastinya, karena belajar tak harus selalu di lakukan di forum ataupun buku saja.

    Sukses KSR-PMI Unit UIN Malang, tanpamu ku rapuh :D

    BalasHapus