Kamis, 30 November 2017

KITA BISA JIKA BERSAMA (DIKLATSAR XXVI) KSR PMI UNIT UIN MALANG




gini nihh tiap mau foto bareng.. hihii :)
Pendidikan dan latihan dasar (DIKLATSAR) merupakan salah satu momen yang besar di KSR-PMI Unit UIN Malang, karena DIKLATSAR adalah awal bibit muda baru masuk ke KSR kita. Dimulai dari pendaftara yang dilakukan setelah kegiatan BARAPAMERA XV selesai,  para peserta mulai satu persatu mendaftarkan dirinya untuk ikut KSR-PMI Unit UIN Malang. DIKLATSAR yang ke 26 ini dilakukan melalui 2 tahap, yaitu diklat forum dan diklat lapangan. Sebelum diadakannya diklat forum, tentu saja para peserta harus mengikuti technical meeting terlebih dahulu, disini para peserta dibagi kelompok, pembacaan tata tertib, pembagian tugas, dan lain sebagainya. Disini juga peserta berkesempatan bertemu dengan pendampingnya, agar antara pendamping dan peserta dapat mengenal lebih dekat dan apabila ada informasi lebih lanjut dapat menghubungi pendampingnya masing-masing.

Dilanjutkan ke Diklat Forum, Diklat Forum ini  dilakukan pada hari Kamis-Minggu yaitu pada tanggal 16-19 November 2017. Disini para peserta mengikut semua rangkaian DIKLATSAR yang sudah ditetapkan oleh panitia, mulai dari cek in, pre-test, materi, middle-test, praktik, sampai rangkaian terakhir yaitu yaitu post-test. Pakaian yang digunakan yaitu hitam putih dan atribut dengan semangat mereka mengikuti semua rangkain dari DIKLATSAR ini. 
Seminggu kemudian dilanjut ke Diklat Lapangan.  Di dalam kegiatan diklat Lapangan ini, para peserta diajak untuk praktek SAR, Management disasster, dan kompas bidik atau biasa disingkat dengan KOMDIK dan Shelter. Diklat Lapangan ini dilaksanakan di BUPER Ledok Amprong Poncokusumo Malang. Selama 3 hari para peserta dengan semangat mengikuti kegiatan dari pagi hingga pagi lagi. Di dalam Diklat ini semua anggota ikut bergabung disini. Baik Anggota Biasa, Anggota Kehormatan, Dan Anggota Luar Biasa. Mulai dari angkatan pertama hingga angkatan 25 juga ikut dalam kegiatan ini. Karena dalam kegiatan ini, mereka dapat temu kangen dengan teman seangkatannya maupun dengan kakak angkatannya, karena dengan berkumpulnya dikegiatan ini, diharapkan semua anggota baik AK, ALB, AB maupun calon Anggota Muda (AM) dapat membaur dan saling mengenal, sehingga silaturahmi kita tetap terjaga. 
Di dalam  kegiatan ini, para peserta dan panitia  yang ada di bumi perkemahan sempat mengalami basah kuyup dikarenakan hujan yang terus menerus. Meskipun begitu, alhamdulillah kegiatan ini dapat berjalan lancar hingga proses pembai'atan.  Acara Diklat Lapangan yang terakhir adalah pembaiatan. Pembai'atan ini adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta DIKLATSAR XXV. Karena dengan dibaiatnya, mereka menandakan bahwa mereka secara resmi telah menjadi anggota KSR atau yang biasa kami sebut Anggota Muda (AM). Pembai'atan ini, diikuti oleh 35 peserta ini. Sebenarnya adalah 37 peserta, tetapi karena 2 peserta sedang berhalangan karena urusan perkuliahan. Akhirnya 2 peserta yang tidak mengikuti proses pembai'atan ini dilakukan di lapangan SC UIN Malang setelah acara Diklatsar Lapangan ini. Alhamdulillah, semoga 37 Anggota Muda ini  menjadi semakin kompak, semakin kuat komitmennya untuk di KSR selalu, dan tentunya sampai akhirpun harus berjumlah 37 orang .(Red:YIS)
 

3 komentar:

  1. Semangat terus teman-teman angkatan 26πŸ’™πŸ’™

    BalasHapus
  2. Fisik bisa dipaksa asal Mental kuatπŸ’ͺπŸ’ͺ😊
    Tetap semangat angkatan 26❤

    BalasHapus
  3. Kuat karena tekat mampu karena bersatu πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus